Tuesday, June 13, 2017

Cara Melakukkan Pencarian dengan Algoritma Depth-First Search (DFS)

Konncihiwa sobat Otatechnime~
Kali ini mimin bakal memberikan langkah pencarian suatu data dengan menggunakan algoritma DFS (Depth-First Search). DFS merupakan pencarian data pada suatu tree/hiearki data dengan metode pencarian secara mendalam.

Jika pada pembahasan Cara Melakukkan Pencarian dengan Algoritma Breadth-First Search (BFS) kita mencari secara melebar, maka DFS secara mendalam, dimana pencarian dilakukkan dari root hingga ke akar-akarnya atau dari parent dicari terus ke childnya.

Berikut akan mimin berikan langkah-langkah cara pencarian data dengan metode DFS.

Langkah-langkah pencarian DFS:
1. Pertama, kita harus memiliki kumpulan data dan pastinya data yang akan kita cari. Maka batasannya adalah sebagai berikut.

Data terdiri dari 13 data dengan A sebagai root.
Data yang kita cari adalah data L.

2. Nah setelah kita tau data apa yang kita cari maka kita mulai melakukkan pencarian dengan algoritma DFS sebagai berikut.
3. A merupakan root dan menjadi starting point pencarian. Bagi komputer, pencarian biasanya dilakukkan secara Random. Lalu untuk contoh kali ini, kita tentukan data paling kiri adalah data pertama yang menjadi starting point. Karena A bukan data yang kita cari, maka pencarian dilanjutkan dengan menuju point berikutnya yaitu data B,C, dan D.

Perlu diingat, DFS menggunakan metode queue LIFO (Last In First Out), dimana data terakhir yang dicari menjadi data pertama yang selesai dieksekusi.

4. Pada data B,C, dan D kita mulai dari data B. Karena B bukan yang kita cari maka dilanjutkan untuk menuju point berikutnya yaitu child dari B, data E.

5. Pada data E tidak ditemukan apa yang kita cari, maka lanjut ke point berikutnya yaitu data K.

6. Data K juga bukan data yang kita cari, lalu kita berpindah ke child berikutnya yaitu F.

7. F bukan data yang kita cari, karenanya kita berpindah menuju data C. Pencarian terus dilakukkan secara mendalam jika suatu parent memiliki child, dan apabila child menjadi parent dan memiliki child lainnya.
8. Data C bukan data yang kita cari, maka berpindah ke point G.Begitu pula point G bukan data yang kita cari.

9. Dari G berpindah ke childnya yaitu data L. Nah, sampai point ini, ternyata data L merupakan data yang kita cari, sehingga pencarian berhenti.

Begitulah cara mencari data dengan menggunakan algoritma DFS.
Semoga bermanfaat bagi pembaca dan dapat diterapkan.

Sayonara~

Baca Juga : Pencarian BFS

Share this

1 Response to "Cara Melakukkan Pencarian dengan Algoritma Depth-First Search (DFS)"