Thursday, March 2, 2017

Pengertian Merge Sort

Yo~ Konnichiwa sobat Otatechnime

Pengertian

Merge sort merupakan salah satu metode dari ke enam metode dalam melakukkan pengurutan atau sorting. Metode ini dinamakan merge sort atau pengurutan secara menggabungkan suatu data. Sesuai dari katanya yaitu merge berarti data akan digabungkan agar menjadi terurut. Bagaimana caranya? Kok dengan menggabungkan data tau-tau udah terurut? Tentu ada teknik dan caranya. Secara garis besar, suatu deret data yang akan diurutkan akan di bagi-bagi terlebih dahulu lalu dibandingkan masing-masing data dari masing-masing bagian lalu baru digabungkan kembali, Untuk lebih lanjut dapat dibaca dibagian metode. 

Dibandingkan dengan metode sortir yang lain, merge sort merupakan metode yang cukup mudah untuk diikuti dan dipelajari. Jadi diharapkan pembaca mudah untuk mengambil kesimpulan. Dalam kehidupan sehari-hari, contoh penggunaan merge sort biasanya adalah ketika kita mengurutkan suatu benda yang berbeda jenis, bentuk maupun ukuran. Kita biasanya akan membandingkan barang pertama dengan kedua lalu diletakkan untuk kemudian dibandingkan dengan benda ketiga lalu seterusnya. Sedangkan dalam bentuk sequence data, maka cara dan langkah-langkah nya dapat kalian ikuti di bagian metode di bawah ini.

Metode

Merge sort menggunakan cara memisahkan terlebih dahulu setiap data hingga menjadi berpasangan yang nanti akan dibandingkan untuk kemudian digabungkan kembali. Seperti contohnya, kita memiliki suatu baris data berikut yang akan kita urutkan secara ascending:

5 2 3 8 9 4 1 7

Dari baris data yang masih acak diatas, kita akan urutkan menurut metode merge sort. Langkah nya adalah sebagai berikut.

1. Pertama, dari baris diatas kita bagi menjadi dua bagian. Untuk contoh, terdapat 8 data sehingga jika kita bagi adalah 4 dan 4. Nah kita bagi terlebih dahulu datanya sehingga menjadi berikut

5 2 3 8        9 4 1 7

2. Setelah kita bagi menjadi dua bagian, masing-masing kita bagi dua kembali. Bagian kanan kita bagi dua, begitu juga bagian kirinya sehingga menjadi berikut

5 2    3 8        9 4    1 7

3. Nah, berikutnya kita bandingkan masing-masing pasangan untuk kita urutkan secara ascending. Data 5 akan kita bandingkan dengan 2, 3 dibandingkan dengan 8, 9 dibandingkan dengan 4 dan 1 dibandingkan dengan 7.

4. Setelah kita bandingkan kita urutkan berdasarkan data terkecil hingga terbesart. Pertama mulai dari bagian kiri.

2 5     3 8  

5. Data bagian kanan sudah diurutkan seperti diatas. Lalu kita urutkan bagian kanan.

4 9     1 7

6. Data bagian kiri sudah terurut. Sekarang kita akan mulai proses penggabungan atau merge-nya. Mulai dari bagian kiri.

2 3 5 8

7. Lalu kita urutkan bagian kanan.

1 4 7 9

8. Sekarang, setiap bagian sudah terurut. Waktunya menggabungkan semuanya hingga menjadi data yang sudah fully sorted.

2 3 5 8        1 4 7 9

Kita urutkan menjadi

1 2 3 4 5 7 8 9

9. Data sudah terurut secara ascending atau menaik dengan menggunakan metode merge sort. Mudah bukan?

Demikian penjelasan singkat mengenai merge sort dan cara penyelesainnya. Bagi yang masih bingung silakan bertanya dikolom komentar. Terima kasih~

Metode yang lain


Share this

0 Comment to "Pengertian Merge Sort"

Post a Comment